LPPM

http://lppm.unmer.ac.id/

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA  MASYARAKAT (LPPM)

 A.    Visi dan Misi

Visi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat adalah menjadi Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat berbasis IPTEKS yang“acredited” dan Penegakan “Pola Ilmiah Pokok” kemandirian & kewirausahaan sebagai pendukung implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi.Dalam rangka melaksanakan rancangan tugas yang tertuang dalam visi tersebut, maka Misi yang diemban oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Merdeka Malang adalah :

·         Meningkatkan kemandirian dan kemampuan melakukan penelitian ilmiah dan pengabdian masyarakat untuk menunjang pelaksanaan Tri Dharmja Perguruan Tinggi secara sinergis dan berkelanjutan;

·         Menjalin kerjasama (net-working) bidang penelitian dan pengabdian pada masyarakat dengan pihak-pihak terkait, guna menciptakan nilai-nliai strategis dan menjamin keberlangsungan Lembaga.

·         Menyiapkan pranata fasilitas bagi para dosen dan mahasiswa dalam meninmgkatkan kualitas penelitian dan pengabdian pada masyarakat dengan prinsip dasar nilai-nilai moral dan etika (good governance).

·         Rancang-bangun data-kelolaan (database) kinerja penelitian dan pengabdian masyarakat dalam skim Tri Dharma Perguruan Tinggi guna mendukung akreditasi lembaga.

·         Implementasi pengabdian masyarakat berbasis research dan teknologi guna mendukung pemutakhiran bahan pengajaran dilandasi jiwa kemandirian dan kewirausahaan sebagai Pola Ilmiah Pokok.

B.     Arah, Tujuan dan Sasaran
Arah, tujuan dan sasaran Lembaga Penelitan dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Merdeka Makang, disesuaikan dengan tuntutan perkembangan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni dengan kebijakan penelitian dan pengabdian yang diarahkan untuk menunjang pembangunan, dibingkai dalam kerangka Tri-Dharma Perguruan Tinggi yang diejawantahkan dalam wujud; terselenggarakannya pendidikan dan pengajaran, yang didukung oleh hasil-hasil penelitian dan buku ajar, dan implementasinya dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat dengan dilandasi oleh jiwa kemandirian dan kewirausahaan sebagai Pola Ilmiah Pokok.

Upaya yang dilakukan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Merdeka Malang dalam mencapai arah tujuan dan sasaran tersebut diantaranya adalah :

1. Meneliti dan mengkaji fenomena di masyarakat, berkanaan dengan permasalahan peranan wanita, kependudukan, lingkungan hidup, teknologi terapan,pengembangan wilayah, kepariwisataan dan kebijakan publik.

2. Memberdayakan masysrakat melalui kegiatan pelatihan pendampingan/konsultasi manajemen usaha, pemasaran, produksi, pemodalan, mediasi pasar dan jaringan informasi bisnis, serta penguatan kelembagaan ekonomi skala kecil.

3. Menyebar luaskan informasi tentang peranan wanita, kependudukan, lingkungan hidup, sumberdaya ekonomi dan pembangunan, teknologi terapan, pengembangan wilayah, kepariwisataan dan kebijakan publik.

4. Menyelenggarakan Konsultasi dan Menjalin Kemitraan di bidang peranan wanita,kependudukan, lingkungan hidup sumberdaya ekonomi dan pembangunan, teknologi terapan, pembangunan wilayah, kepariwisataan dan kebijakan publik.

5. Mengembangkan Sumber Daya Manusia lewat pelatihan, lokakarya dan pertemuan-pertemuan ilmiah lainnya di bidang peranan wanita, kependudukdn,lingkungan hidup, Sumber daya ekonomi dan pembangunan, teknologi terapan,pengembangan wilayah, kepariwisataan dan kebijakan publik.

6. Menegakkan Pola Ilmiah Pokok berupa jiwa kemandirian dan kewirausahaan dalm setiap kegiatan.

 

Upaya-upaya tersebut dilakukan dengan memperhatikan keberadaan lembaga dan semangat yang dimiliki, yaitu :      

  1. Mandiri: berdiri pada kemampuan sendiri dan tidak merupakan sub-hirarki atau Sub-ordinasi dari lembaga Penelitian & Pengembangan Masyarakat lainnya.
  2. Proaktif: Berinisiatif, tanggap, dan obyektif dalam mencapai solusi permasalahan serta tidak tergantung pada aksi maupun reaksi.
  3. Progresif: selalu mengarah pada perbaikan dan kemajuan dari kondisi yang telah ada.
  4. Demokratis: Didasarkan pada persamaan hak, kewajiban dan kesempatan, sehingga diselenggarakannya peredaran informasi secara transparan dan komunikatif.
  5. Kemitraan: keterbukaan untuk bekerjasama dengan berbagai pihak dengan dasar kesetaraan untuk mencapai strategi.
  6. Transparan dan Akuntabel: Bahwa pengelolaan kegiatan dipastikan diketahui oleh civitas akademika, agar warga civitas akademika mempunyai peluang dalam memberikan kritik dan pengawasan.
  7. Keterpaduan: Bahwa pengelolaan kegiatan dilakukan secara utuh dan  menyluruh sesuai dengan potensi, kemampuan dan dukungan yang ada serta mengoptimalkan kerjasama antara masyarakat dengan pemerintah, pengusaha, LSM, Perguruan Tinggi dan pihak lain yang memiliki kepedulian.

C.     Lingkup Jasa Dan Kegiatan 


Jasa yang diberikan dan kegiatan yang dilaksanakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Merdeka Malang, kepada institusi Pemerintah, dunia usaha, dunia industri dan masyarakat mencakup jangkauan yang luas untuk penelitian/pengkajian, pengembangan penyebarluasan informasi, konsultasi dan pengembangan Sumber Daya Manusia lewat pelatihan seturut  dengan area pembidangan dari kelima pusat penelitian & pengabdian kepada masyarakat yang ada yakni :

  1. Pusat Pengembangan IPTEK, 
  2. Pusat Penelitian dan Pengembangan Kependudukan, Tenaga Kerja dan Lingkungan Hidup
  3. Pusat Penelitian dan Pengembangan Sektor Informal Pedesaan, Kewirausahaan dan Konsultan Keuangan Mitra Bank, 
  4. Pusat Penelitain dan Pengembangan Program dan Institusional, 
  5. Pusat Pengembangan Pengabdian Kepada Masyarakat. Pada dasarnya terdapat 4 (empat) pengelompokan kegiatan LPPM Universitas Medeka Malang, yaitu :


1. Penelitian/Pengkajian Permasalahan, diantaranya :

  • Menanggapi kasus-kasus yang berkembang di masyarakat, dilakukan dengan menyusun konsep-konsep solusi untuk berbagai pihak.
  • Memahami dan menggali teori, model, konsep, dan aplikasi dari dalam dan luar negeri, dilakukan dengan menyusun buku/dokumen,  jurnal peranan wanita kependudukan, lingkungan hidup, sumberdaya ekonomi dan pembangunan, teknologi terapan, pengembangan wilayah, kepariwisataan dan kebijakan publik, serta menerjemahkan buku/dokumen asing dan media informasi lainnya.    
  • Mendalami konsep peran serta swasta dan nasyarakat dalam pembangunan, dilakukan dengan merumuskan konsep-konsep peran serta swasta dan masyarakat dalam bidang peranan wanita, kependudukan, lingkungan hidup, sumberdaya ekonomi dan pembangunan, teknologi terapan, pengembangan wilayah, kepariwisataan dan kebijakn publik. 
  • Menaggapi paradigma baru dari penerbitan peraturan perundang-undangan di bidang perana wanita, kependudukan,lingkungan hidup, sumberdaya ekonomi dan pembangunan, teknologi terapan, pengembangan wilayah, kepariwisataan dan kebijakan publik, dilakukan dengan menyusun kosep-konsep kebijakan dalam mengembangkan regulasi peranan wanita,kependudukan, lingkungan hidup, sumberdaya ekonomi dan pembangunan, teknologi terapan, pengembangan wilayah, kepariwisataan dan kebijakan publik.
  • Menanggapi kebutuhan bidang perana wanita, kependudukan, lingkungan hidup, sumberdaya ekonomi dan pembangunan, teknologi terapan, pengembangan wilayah, kepariwisataan dan kebijakan publik secara spesifik untuk daerah atau kawasan tertentu yang membutuhkan dukungan pembangunan yang kuat, dilakukan dengan menyusun konsep-konsep untuk hal tesebut

2. Penyebarluasan Informasi, diantaranya dengan : 

  • Menyebarluaskan bahan-bahan hasil penelitian/pengkajian kepada masyarakat, yaitu melalui penerbitan jurnal, info riset, buku dan direktori serta kemungkinan E-book hasil-hasil Studi Lembaga dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Medeka Malang.
  • Menanggapi kebutuhan dokumentasi dan penginformasian bahan-bahan yang ada secara tetap dilakukan dengan membangun sistem kepustakaan.
  • Menanggapi kebutuhan media informasi dan komunikasi di bidang pranan wanita, kependudukan, lingkungan hidup,sumberdaya ekonomi dan pembangunan, teknologi terapan, pengembangan wilayah, kepariwisataan dan kebijakan publik dalam skala luas, dilakukan dengan menciptakan perangkat lunak aplikasi dan membangun homepage pada jaringan internet.

3. Memberdayakan Masyarakat, diantaranya dengan :

 

  • Kegiatan pelatihan dan pendampingan/konsultasi manajemen usaha, pemasaran, produksi, permodalan, mediasi pasar dan jaringan informasi bisnis, serta penguatan kelembagaan ekonomi skala kecil.
  • Fasilitas implementasi teknologi terapan tepat guna yang dihasilkan dari research dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kapabilitas  Usaha Mikro Kecil & Menengah.
  • Sosialisasi, fasilitas dan pendampingan kewirausaah khususnya kepada kalangan generasi muda sesuai Pola Pokok Ilmiah  Universitas Merdeka Malang.

4. Menyelenggarakan Konsultasi dan Menjalin Kemitraan, diantaranya dengan :

 

  • Menjalin kemitraan dengan pelaku-pelaku di bidang perana wanita, kependudukan, lingkungan hidup, sumberdaya ekonomi dan pembangunan, teknologi terapan, pengembangan wilayah, kepariwisataan dan kebijakan publik, dilakukan dengan menjalin hubungan kejasama dengan kalangan pemerintah (pusat maupun daerah), swasta, perorangan, masyarakat secara  umum, assosiasi profesi, lembaga-lembaga nasional dan internasional, lembaga balitbang dan sebagainya.     
  • Melayani pihak swasta dan masyarakat dalam memecahkan permasalahan peranan wanita, kependudukan, lingkungan hidup sumberdaya ekonomi dan pembangunan, teknologo terapan, pengembangan wilayah, kepariwisataan dan kebijakan publik,  dilakukan dengan menyediakan fasilitas konsultasi bagi pihak-pihak yang membutuhkan.
  • Melayani secara khusus penanganan permasalahan pemerintahan daerah dalam mengembangkan bidang peranan wanita kependudukan, lingkungan hidup, sumberdaya ekonomi dan pembangunan, teknologi terapan, pengembangan wilayah   kepariwisataan dan kebijakan publik, dengan memberikan bantuan teknis dan yuridis.

5. Mengembangkan Sumberdaya Manusia, diantaranya dengan :

 

  • Mengembangkan sistem dan model pendidikan dan pelatihan di bidang peranan wanita, kependudukan, lingkungan hidup, sumberdaya ekonomi dan pembangunan, teknologi terapan, pengembangan wilayah, kepariwisataan dan kebijakan publik dilakukan dengan menyusun sistem diklat yang antisipatif dengan berbagai kebutuhan khususnya otonomi daerah.
  • Mengembangkan kemampuan sumberdaya manusia yang menangani permasalahan di bidang peranan wanita, kependudukan,lingkungan hidup, sumberdaya ekonomi dan pembangunan, teknologi terapan, pengembangan wilayah, kepariwisataan dan pelayanan publik, dilakukan dengan menyediakan pelayanan diklat bagi pelaku-pelaku di bidang tersebut.
  • Membangun kesepakatan nasional dan internasional terhadap permasalahan di bidang peranan wanita, kependudukan, lingkungan hidup, sumberdaya ekonomi dan pembangunan teknologi terapan, pengembangan wilayah, kepariwisataan dan kebijakan publik, dilakukan dengan menyelenggarakan simposium, konferensi, seminar lokakarya, penlok dan pertemuan -pertemuan ilmiah lainnya.    

D. Organisasi Kelembagaan
    

Dalam melaksanakan fungsinya, LPPM dipimpin oleh seorang Ketua Lembaga dibantu oleh seorang Sekretaris Lembaga. Sebagai  pelaksanaan lembaga memiliki 5 pusat yang masing-masing dipimpin oleh seorang Kepala Pusat. Adapun 5 pusat tersebut adalah : 

 

  1. Pusat Pengembangan IPTEK.
  2. Pusat Penelitian dan Pengembangan Kependudukan, Tenaga Kerja dan Lingkungan Hidup.
  3. Pusat Penelitian dan Pengembangan Sektor Informal Pedesaan, Kewirausahaan dan Konsultan Keuangan Mitra Bank.
  4. Pusat Penelitian dan Pengembangan Program dan Institusional.

     5. Pusat Pengembangan Pengabdian Kepada Masyarakat.

E. Outcome 
     Outcome yang ingin dicapai oleh LPPM UNMER Malang adalah : 

  • Mutu pendidikan di Universitas Merdeka Malang meningkat, dan mampu merespon perubahan.
  • Akreditasi lembaga menjadilebih baik.
  • Berimplikasi pada kualitas alumni yang memiliki keunggulan bersaing di dunia kerja.
  • Tercipta situasi akademik yang kondusif.
  • Publikasi ilmiah meningkat &  acredited.
  • Keberlangsungan lembaga menjadi lebih baik.
       
       

Links of Cooperation Institution :
  • newcastle
  • burapha
  • thammasat
  • win
  • utm
  • murdoch
  • curtin
  • uitm
  • uitm
  • kanazawa
Top
  • Follows us our service
  • Facebook Unmer
  • Twitter Unmer
Today : 984  Current Week : 7,261  Last Week : 13,440  Last Month : 761,724  All Days : 7,304,465  
Download Full Movie
Tempat Wisata di Bali